Selasa, 28 Juni 2011

DPRD SUMUT TUNDA BAHAS INTERPELASI

MEDAN - Rapat pimpinan DPRD Sumut dengan pimpinan fraksi-fraksi untuk menindaklanjuti persetujuan 16 anggota Dewan melakukan interpelasi terhadap Plt Gubsu ditunda.

Penundaan itu disebabkan beberapa anggota Dewan meminta masalah interpelasi dibahas dahulu di internal fraksi. Selain itu, ketika rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRDSU Sigit Pramono Asri dari Fraksi PKS, seluruh peserta rapat meninggalkan ruangan rapat. Kemudian, pimpinan sidang menutup dan menunda rapat tersebut.

Sigit Pramono Asri mengatakan rapat ditunda dan akan dijadwalkan kemudian. Karena beberapa peserta rapat meminta masalah interpelasi dibahas dahulu di internal fraksi. “Kalau disetujui, baru kemudian fraksi mengajukan usulan resmi ke pimpinan dewan,” ujarnya, pagi ini.          

Menanggapi interpelasi adalah hak yang melekat pada diri masing-masing anggota dewan, karenanya usulan interpelasi tidak perlu mendapat persetujuan fraksi, Sigit Pramono Asri hanya menyebutkan hal itu permintaan peserta rapat. “Makanya pertemuannya kita tunda.’’

Seharusnya sesuai jadwal rapat, agenda pertemuan membahas surat Fraksi Gerindra Bintang Bulan Reformasi. Isinya mengusulkan agar dewan menggunakan hak interpelasinya terhadap kebijakan Plt Gubsu dalam mengangkat 110 pejabat eselon III di lingkungan Pemprovsu, belum lama ini.

Selain itu, 16 anggota dewan juga telah menandatangani surat usulan hak interpelasi dan telah menyerahkannya kepada pimpinan dewan yang diterima Wakil Ketua DPRDSU Kamaluddin Harahap.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PAN Irwansyah Damanik dan Sekretaris Fraksi Partai Golkar Mulkan Ritonga senada mengatakan rapat ditunda karena beberapa faktor. ‘’Salah satunya memang adanya permintaan untuk dibahas dahulu di internal fraksi,’’ kata Irwansyah Damanik.

Penyebab lain rapat ditunda, tambah Mulkan Ritonga, karena minimnya peserta rapat yang hadir. Pimpinan Dewan saja hanya Sigit Pramono Asri yang hadir. Sementara beberapa orang lainnya sedang berada di luar kota. Begitu juga pimpinan fraksi yang hadir hanya pimpinan Fraksi PAN, Partai Golkar, Partai Demokrat, PPRN, PDS dan Hanura. ‘’Makanya diminta dijadwal ulang,’’ kata Irwansyah Damanik.

sumber : waspada online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...