Minggu, 16 Desember 2012

PESERTA LUCU, PANITIA IRIT TAWA (Festival Lawak ISBI 2012)

Ikatan Seniman & Budayawan Indonesia (ISBI) Sumut pada medio desember 2012 menggelar sebuah perhelatan berupa perlombaan lawak untuk kalangan pelajar dan mahasiswa di gedung bina budaya medan dgn thema "mencari figur pemimpin sumut".

Sebuah catatan ringan tentang acara itu adalah ternyata pelajar dan mahasiswa kita bukan hanya mampu mengeksplor sisi negatifnya saja sebagaimana pemberitaan media massa beberapa waktu belakangan ini. Ternyata masih banyak potensi kaum muda kita itu yang mungkin luput dari sorotan kamera media, seperti halnya festival lawak ini, materinya cukup segar dan mampu menghibur pengunjung yang datang. Gak kalah saing dengan gelaran API (akademi pelawak indonesia)... banyak pengunjung yang berkata"Lucuu juga anak-anak ini yaa..", sayapun sepakat dengan gumamam pengunjung itu..

Namun catatan lain dibalik lucunya peserta festival dan ledakan tawa para penonton, ternyata dibelakang layar saya lihat panitia yang sangat irit untuk tertawa (kalau tidak mau dikatakan stress..hehe), sebagai ketua pembina ISBI, saya bertanya kepada bung Ucok Galung mengenai keadaan itu, ternyata hampir seluruh panitia menyebutkan bahwa acara yang di gagas oleh para pekerja seni itu kurang mendapatkan respon positif dari pihak luar, khususnya kalangan pemerintah dan dunia usaha.

Sangat disayangkan jika keringat yang dikeluarkan para seniman itu tidak mendapat dukungan nyata dari kedua pihak itu, padahal acara seperti ini seharusnya menjadi media refreshing yang murah meriah bagi kalangan masyarakat bawah, masyarakat kita yang sudah sangat lelah disuguhkan segala kekerasan dan hitamnya kehidupan di berbagai media, masyarakat kita yang belakangan sangat sulit untuk ikhlas tersenyum.

Tetapi para seniman itu tidak pernah akan berhenti untuk terus berusaha melahirkan generasi seni yang akan menggantikan mereka, selesai acara mereka malah berencana ingin membuat gelaran serupa dengan segmen yang lebih besar... seni tidak akan mati meskipun minim dukungan pemerintah kata mereka.

hmmm, sebuah semangat yang patut dicontoh oleh banyak pihak..

Salut buat ISBI.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...