Rabu, 20 November 2013

catatan idul qurban 1434 H

Orang lain selalu memberikan dukungan kepada kita meski sekecil apapun, kita adalah makhluk sosial yg hrs senantiasa membutuhkan support org lain. Tapi terkadang kita sering menganggap seluruh yg kita capai hari ini karena kemampuan diri kita sendiri, sikap ke-aku-an yg kerap ada dlm diri kita. Sikap hewani yg menjadi tantangan hidup bagi seorang anak manusia. Sikap yang sering membuat kita merasa besar kepala, tinggi sebenang atau lainnya.

Sebaliknya kita sering merasa punya andil besar terhadap capaian orang lain, kita merasa memberikan kontribusi yg begitu besar, padahal kita sering cenderung utk berpihak kepadanya disebabkan kita menitipkan setidaknya sebagian dari kepentingan kita padanya, memihak karena butuh akan sesuatu, tidak ada keikhlasan dan ketulusan disana.

Kita merasa lebih punya andil besar terhadap orang lain, dan menganggap orang lain tidak punya peran apapun dari yg kita raih, inilah sifat hewani di diri kita, sifat yg memang harus kita kubur dalam-dalam.

Seorang sahabat pernah berkata bahwa tidak semua orang seperti demikian, masih banyak orang-orang tulus yang mampu mengendalikan ke-aku-annya, mampu meminggirkan sifat hewaninya, dan tidak menitipkan kepentingannya, baginya memberikan kebaikan kepada orang lain pastilah akan kembali kepadanya dalam bentuk kebaikan, tidak perlu berstrategi dalam membina hubungan sosial, tidak melupakan sekecil apapun peran yang diberikan orang lain, malah melupakan perannya kepada orang lain.

Sahabatku itu benar, bahwa tidak semua manusia didominasi sifat hewaninya, memang masih sangat banyak mereka yang matanya penuh ketulusan, senyumnya dibaluri dengan keikhlasan, inilah manusia hakiki, kita mesti banyak belajar dari mereka kata sahabatku itu.

Idul adha 1434 H menjadi semangat kita utk berlatih tentang arti keikhlasan dan ketulusan, semangat kita utk belajar menyingkirkan sifat hewani di diri kita.
Selamat Idul Qurban buat para sahabatku.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...