Jumat, 24 Juni 2011

STRATEGI PEMENANGAN CALON KEPALA DAERAH/WAKILKEPALA DAERAH

DISAMPAIKAN OLEH :
LINGKAR DEMOKRSASI –INDONESIA DENGAN LARISPA

PRIVATE CONSULTANT
Kami menyadari sepenuhnya bahwa seseorang yang telah memutuskan untuk mencalonkan diri pada Pilkada sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk maju sebagai kandidat yang akan bertarung dalam arena pemilihan langsung. Dengan ditetapkannya UU No.12/2006 tentang Perubahan kedua UU no 32/2004, yang memberikan peluang untuk calon perorangan disamping dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik,baik sebagai calon perorangan maupun dicalonkan oleh partai politik,anda sebagai kandidat adalah Penangung Jawab dari Tim Kampanye yang harus mendapatkan minimal 30% suara pemilih untuk dapat memenangkan Pilkada.

Dapat dibayangkan betapa berat usaha dan tanggung jawab kandidat mulai untuk dapat dicalonkan sampai memenangkan Pilkada. Kandidat pasti adalah seorang yang mempunyai kemampuan lebih dari berbagai sudut pandang, tetapi sebagai manusia biasa tentunya mempunyai keterbatasan serta sifat alpa dan khilaf. Bagi seorang kandidat sangat diperlukan konsultan pribadi untuk meringankan beban tugas agar focus memenangkan Pilkada, sebagai teman bertukar pikiran dalam grand strategy pencalonan dan pemenangan, menentukan langkah dan tahapan secara profesional dan terukur dengan seorang yang mempunyai kapasitas dan pengalaman untuk itu yg bekerja atas kondisi objektif berdasarkan survey.

Kami sangat yakin anda telah mempersiapkannya secara matang dengan membentuk Tim Sukses serta koordinasi dengan partai yang mencalonkan, namun demikian ditengah kesibukan anda dan waktu kampanye berlangsung cukup lama, akan lebih baik berbagi tugas dengan kami yang punya kapasitas serta pengalaman dalam pemilihan langsung untuk menjamin keberhasilan anda terpilih menjadi Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah.

Sebagai Private Consultant kami tentunya mempunyai komitmen yang kuat agar anda terpilih secara baik,aman,menjaga kepentingan anda serta lebih dari itu adalah pembiayaan yang seminim mungkin dengan hasil yang maksimal, Target kita pada saat dibilik suara masyarakat memilih anda bukan sekedar gebyarnya kampanye dgn iklan,rapat umum,kaos,baliho, spanduk dll yang memerlukan dana tidak sedikit.

PENCITRAAN KANDIDAT
Untuk maju sebagai calon Kepala daerah/Wakil Kepala Daerah dipilih langsung oleh masyarakat pemilih, popularitas atau tingkat pengenalan publik (awareness) terhadap kandidat menjadi sangat penting, bak kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Logikanya untuk tiba pada keputusan memilih tentunya mereka mengenal sang calon terlebih dahulu dan yang mereka kenal tentunya tidak cuma satu calon saja.

Ini dibuktikan oleh banyak survey bahwa pada umumnya elektabilitas selalu dibawah angka popularitas, kandidat dipilih mencapai 80% dari yang mengenalnya sangat jarang terjadi dalam Pilkada yang terjadi umumnya jauh dari angka tersebut. Artinya dikenal luas oleh masyarakat pemilih menjadi wajib hukumnya bagi setiap kandidat.
Dikenal luas saja tidaklah cukup bahkan mungkin malah merugikan bagi calon bila dikenal negatif, katakanlah dikenal sebagai koruptor,penggoda istri orang atau contoh yang paling ekstrim Ryan sang pembunuh berdarah dingin dari Jombang,mungkin popularitasnya yang tertinggi di Jombang saat itu,tetapi hampir dapat dipastikan tidak akan terpilih apabila mencalonkan diri.

Popularitas tidaklah sepenuhnya menjamin anda terpilih,tetapi jauh lebih baik bila orang yang mengenal menaruh simpati,menyukai dan menaruh harapan kepada anda, yang terbaik adalah mayoritas yang mengenal anda akan memilih pada Pilkada atau pemilu Legislatif. Sebagai contoh, anda hanya dikenal oleh oleh 50 % pemilih tetapi elektabilitasnya 80% artinya anda berhasil meraih 40% suara, jauh lebih baik dari dikenal sampai 80% pemilih tetapi elektabilitasnya cuma 40% saja yang berarti anda hanya mendapatkan 32% suara.

Diera pemilihan langsung ini pencitraan kandidat menjadi sangat penting,tidak semata mata menebar popularitas melalui jargon,iklan,spanduk,baliho,rapat umum dan aktifitas lainnya, tetapi bagaimana membuat anda menjadi top of mind masyarakat pemilih dengan tepat sasaran. Tentunya melalui proses kerja kreatif kami yang berbasiskan pengetahuan dan pengalaman disertai riset tentang demography,psikografi,sosial,budaya,persepsi masyarakat,isu local dan berbagai hal lainnya, untuk mendapatkan Candidate Branding yang pas dihati masyarakat pemilih.

Banyak kiat kiat cerdas yang dapat dilakukan dalam membagun pencitraan kandidat untuk merebut hati masyarakat secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan situasi dan kondisi yang sedang terjadi melalui kerjasama dgn berbagai pihak.
Motto kami adalah 3 M :

MURAH : dalam pembiayaan
MENARIK : simpati dan dukungan masyarakat
MENANG : dalam penghitungan suara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...