Selasa, 05 Juli 2011

Mengevaluasi Tahapan Hidup Anda Sampai Menikah

ANDA mungkin masih muda dan hebat tapi sekarang Anda akan menikah. Melepas lajang dan mendapatkan pendamping yang sempurna untuk menghabiskan sisa hidup Anda merupakan salah satu langkah terpenting dalam hidup Anda. Banyak aspek akan berubah mulai saat ini, terutama dengan rencana-rencana Anda. Kini bukan lagi tentang “saya”, tapi semuanya tentang “kita”.

Semuanya tentang "kita"

Salah satu aspek yang lebih mendesak bagi para pasangan suami istri (pasutri) adalah membuat rekening bersama. Di masa lalu, kecenderungannya adalah untuk menggabungkan atau membuka rekening bersama untuk memungkinkan para istri di rumah mengakses dana bersama untuk kebutuhan rumah tangga.

Kini, baik suami maupun istri bekerja dan menerima gaji masing-masing sehingga sebagian besar memilih untuk tidak mempunyai rekening bersama. Hal ini dikarenakan keduanya tidak saling bergantung secara finansial. Namun dengan keadaan yang semuanya tentang “kita”, para pasutri harus menyepakati bagaimana mengatur keuangan mereka ke depannya. Baik suami maupun istri juga harus saling jujur mengenai keadaan keuangan mereka dan apakah ada pinjaman atau hutang yang sebelumnya tidak diberitahukan.

Ada dua cara dimana sepasang suami istri dapat berbagi keuangan. Salah satu cara adalah dengan membuka rekening bersama dan menyepakati jumlah yang disetorkan setiap bulannya. Rekening ini dipergunakan untuk semua pengeluaran dan kebutuhan rumah tangga untuk kepentingan kedua belah pihak.

Pilihan lainnya adalah dengan menabungkan gaji salah satu dari pasangan dan menggunakan gaji pasangan lainnya untuk semua pengeluaran. Apapun caranya, pastikan bahwa cara yang dipilih adalah yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Mengubah status Anda

Mengubah status Anda tidak hanya terbatas pada akun Facebook Anda. Anda juga harus memberitahu atasan di tempat Anda bekerja, memperbaharui nama-nama yang harus dihubungi pada saat darurat dan sebaiknya mengecek apakah Anda akan menerima jaminan kesehatan atau tunjangan untuk pasangan Anda.

Tinjau ulang asuransi Anda

Dengan status menikah, Anda mungkin perlu mempertimbangkan pengubahan ahli waris atau menambahkan pasangan Anda ke dalam daftar ahli waris polis asuransi Anda. Ini juga merupakan saat yang baik untuk membuat perencanaan keuangan untuk hal-hal tak terduga.

Hal ini akan membantu untuk memastikan bahwa pasangan Anda akan terurus dengan baik secara finansial jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini juga akan membantu dalam memberi ketenangan kepada pasangan Anda karena mengetahui bahwa Anda telah memikirkannya dalam segala aspek.

Berpikir ke depan

Sebagai pasangan suami istri dengan masa depan yang gemilang, berpikir ke depan tentang hal-hal penting yang mungkin terjadi akan membantu mempersiapkan diri Anda berdua bila hal tersebut benar-benar terjadi. Salah satu fokus utamanya adalah anak-anak.

Sekarang merupakan saat yang baik untuk mulai menyisihkan uang untuk keperluan anakanak di masa mendatang. Bahkan jika Anda berdua tidak ingin segera memiliki anak, ada objektif keuangan lainnya yang harus Anda pertimbangkan untuk menabung, misalnya seperti membeli rumah.

Jika Anda belum memiliki rumah,menabung untuk sebuah rumah akan menghindarkan Anda dari stres jika satu saat Anda akhirnya serius ingin mencari rumah. Tabungan juga bisa memberi perbedaan signifikan yang memungkinkan Anda memiliki rumah lebih besar dari yang dianggarkan karena Anda memiliki kemampuan lebih untuk itu.

Atau tabungan untuk rumah tersebut dapat Anda gunakan untuk membeli mebel yang sudah lama diinginkan. Bagaimanapun, memiliki tabungan, daripada beli rumah tanpa adanya tabungan, akan membuat perbedaan yang besar terhadap pembelian rumah Anda satu saat nanti.

Oleh karena itu,membuat rencana keuangan kedepan akan sangat membantu. Jika Anda berdua telah memiliki rumah dan tidak mempertimbangkan untuk memiliki anak namun ingin berkeliling dunia atau memiliki sasaran hidup lainnya, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat bisnis keluarga.

Kini banyak bank yang menawarkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan sehingga Anda dapat melakukan perencanaan keuangan keluarga dengan lebih baik.

Kemudian, berpikirlah ke depan tentang masa pensiun dan apa yang ingin Anda berdua nikmati di tahuntahun keemasan bersama. Apakah itu pergi berlayar di laut lepas melihat negara-negara eksotis atau mungkin Anda ingin memiliki rumah peristirahatan di negara lain yang Anda sesekali kunjungi pada masa pensiun Anda? Apapun impian Anda, masa pensiun tidak pernah terlalu jauh untuk direncanakan.

Nikmati menjadi "kita"

Sementara ada banyak pasangan suami istri yang cenderung terjerumus ke dalam jebakan sosial untuk “menjadi setara dengan orang lain”, ingat agar rencana dan pengeluaran bersama tetap sepantasnya dan yang terpenting sesuai kemampuan Anda berdua. Menggunakan kartu kredit sampai diluar batas hanya untuk memiliki TV layar datar yang besar atau mengambil liburan yang paling eksotis bukanlah cara yang baik untuk memulai pernikahan Anda.

Hidup Anda akhirnya menjadi tertekan dibawah beban hutang yang tidak perlu terjadi. Ingat untuk saling menjaga agar tetap membumi, saling jujur dan jaga pengeluaran Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...