Senin, 28 Mei 2012

Sergai Gelar Fasilitasi Kab/Kota Layak Anak

Perbaungan- Sebagai bentuk komitmen dan keseriusan pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memberikan jaminan perlindungan hak-hak anak dengan kebijakan di bidang partisipasi anak antara lain dengan membentuk wadah-wadah partisipasi anak.
Salah satu perwujudan dari hal tersebut adalah dibentuknya Forum Anak Daerah Serdang Bedagai (Fadase) beberapa waktu yang lalu untuk memenuhi hak anak agar terencana dan terlaksana secara menyeluruh.
Pemkab Sergai menindaklanjuti kegiatan fasilitasi layak anak guna mendukung eksistensi keberadaan Forum Anak dengan menggelar kegiatan Fasilitasi Kabupaten/Kota Layak Anak tahun 2012.
 Hal ini dikemukakan Wakil Bupati (Wabup) Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya yang diikuti sebanyak 120 orang dari tiga desa layak anak yakni Desa Sei Buluh Kecamatan Perbaungan, Desa Petuaran Hilir Kecamatan Pegajahan dan Desa Dolok Merawan Kecamatan Dolok Merawan di Balai Desa Sei Buluh Kecamatan Perbaungan, Selasa (22/5).
Turut hadir dalam acara Ketua GOPTKI Ny. Hj. Marliah Soekirman, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan KB Sergai Hj. Irwani Jamilah SH, Camat Perbaungan Drs. Akmal, Ketua TP. PKK dari Kecamatan Perbaungan, Pegajahan dan Dolok Merawan, Kades Sei Buluh Sukardi, perwakilan dari SKPD se-Sergai, Ketua Fadase Gusti Ramadhan, Tim Gugus Tugas Desa Layak dari beberapa kecamatan.
Lebih lanjut dikatakan Wabup Soekirman bahwa kegiatan fasilitasi ini sebagai sarana untuk memperoleh masukan-masukan dan kesamaan pemahaman secara sinergis antara lembaga pemerintah, LSM, sektor swasta dan dunia usaha serta tokoh masyarakat pemerhati anak yang nantinya diharapkan dapat melahirkan suatu kebijakan yang mengintegrasikan isu-isu perlindungan dan peningkatan kualitas anak.
Selain itu diharapkan bagi peserta fasilitasi dapat meningkatkan pengetahuan mengenai Kabupaten/Kota layak anak secara sederhana dan mencari solusi terhadap masalah sosial anak yang amat kompleks yang akhir-akhir ini kerap terjadi sehingga nantinya dapat disampaikan kepada masyarakat umum. Hal ini bertujuan untuk mencapai upaya Pemkab Sergai dalam mempersiapkan dan mewujudkan wilayah tanah bertuah negeri beradat ini menjadi Kabupaten Layak Anak dengan generasi yang berkualitas, jelas Wabup Soekrman.
Belum terpenuhinya hak-hak anak secara maksimal menyebabkan terjadinya masalah sosial anak antara lain perdagangan dan eksploitasi anak, dalam bidang kesehatan meningkatnya angka kematian bayi dan  gizi buruk. Begitu juga dengan masalah lingkungan yang kurang bersih untuk itu Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus disampaikan kepada anak.
Dalam berkomunikasi dapat dilihat dari intensitas komunikasi yang semakin berkurang antar anggota keluarga, padahal keluarga merupakan unit terkecil dalam membangun komunikasi dan paling berpengaruh dalam membentuk karakter anak terhadap lingkungan sekitarnya, ujar Soekirman.
Maka untuk itu diharapkan kepada kita semua, terutama bagi para SKPD di daerah ini agar benar-benar dapat memahami dan melaksanakannya sesuai dengan tugas masing-masing serta menyatukan pandangan dalam menciptakan pembangunan yang peduli terhadap kebutuhan dan kepentingan anak, harap Wabup Sergai.
Sebelumnya Panitia Penyelenggara Dra Hj. Salmiah MM dalam laporannya mengatakan kegiatan fasilitasi ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut sejak tanggal 22 – 24 Mei 2012.(ARM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...