Kamis, 21 Juni 2012

Blogger Muda Bikin Buku Untuk Hatta

RMOL. Beberapa anak muda yang aktif menulis di blog, membuat buku untuk Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa. Buku berjudul “HR Harapan Rakyat, Catatan dan Opini Blogger” itu dibedah di Gramedia Gandaria City, Jakarta Selatan, kemarin (Minggu, 15/4). Acara tersebut ramai dan dihadiri oleh sejumlah blogger muda dari beberapa kampus di Jakarta.

Dalam bedah buku tersebut dihadirkan pembahas, diantaranya Abdul Hakim Ms sebagai yang mewakili penulis dan editor, A. Bakir Ihsan (pengamat politik dari UIN Jakarta) dan Ali Rahman yang menjadi perwakilan para blogger muda. Menurut Abdul Hakim, buku setebal 196 halaman yang terdiri dari 7 bab dan 55 artikel itu berisi catatan ringan tentang sosok Hatta Rajasa, baik sebagai Ketua Umum PAN, Menko Perekonomian, mantan aktivis dan kepala keluarga. Selain Abdul Hakim, sosok muda yang ikut terlibat dalam penulisan dan editor adalah Tole Sutrisno dan Bawono Kumoro.

“Buku ini beda dengan buku kebanyakan yang mengangkat tema-tema serius. Buku ini berisi catatan dan artikel ringan sisi humanisme dan keseharian Hatta Rajasa,” ujar Abdul Hakim. Menurutnya, artikel mengenai Hatta dalam buku “HR Harapan Rakyat, Catatan dan Opini Blogger “ ini tidak ada yang dilebih-lebihkan. “Semua sesuai realitas, dan dialami sendiri oleh penulis,” tambahnya.

Sementara itu menurut Ali Rahman yang mewakili para blogger muda, artikel yang mereka buat adalah sebuah bentuk apresiasi kepada Hatta Rajasa. Bahkan Ali Rahman yang juga aktif dalam organisasi kepemudaan KNPI ini berharap banyak kepada Hatta untuk bisa menjadi tokoh bangsa dan memimpin Indonesia. “Secara personal dan sisi humanisme, Hatta adalah sosok yang bisa menjadi contoh bagi para pejabat, terutama menteri. Sikap yang sopan, terbuka kepada siapa pun, dan mau berbaur dengan masyarakat adalah contoh yang baik,” ujar Ali Rahman.

Secara politik, Ali Rahman dan blogger-blogger muda yang terlibat dalam pembuatan buku mendukung seandainya Hatta nanti maju dalam pemilihan presiden 2014. Mengenai dukungan politik para blogger muda itu, pengamat UIN A. Bakir Ihsan menilai sebagai sesuatu yang biasa. “Mengingat Hatta Rajasa sudah santer dikabarkan dan bahkan PAN sudah tegas mencalonkannya dalam Pemilu Presiden nanti, dukungan politik para blogger muda itu adalah sebuah kewajaran,” ujar Bakir Ihsan.

Bakir Ihsan melihat, dukungan para blogger melalui pembuatan buku adalah sesuatu yang positif. Dirinya memberikan apresiasi yang positif atas kreatifitas yang dilakukan para blogger itu. “Buku ini berbeda dengan buku personal tentang Mega atau tokoh politik lainnya. Buku ini lebih santai dan bercerita apa adanya,” tegasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...