Rabu, 20 Juni 2012

PAN Sumut Buka Pendaftaran Balon Gubsu

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Sumut, mulai hari ini, Rabu (20/6) membuka pendaftaran balon (bakal calon) Gubsu/Wakil Gubsu dan siap membangun koalisi ke partai lain, guna mengikuti pertarungan Pilgubsu 2013.

Demikian dijelaskan Ketua Tim Pilkada DPW PAN Sumut Zulkifli Husein dan Wakil Ketua tim Pilkada Hendra Cipta, didampingi sekretaris tim Suhandi, wakil sekretaris Surkani dan bendahara tim Ahmad Fauzan kepada wartawan, Selasa (19/6) di FPAN DPRD Sumut.

Zuklifli Husein maupun Hendra Cipta mengatakan, pendaftaran balon Gubsu/Wagubsu di DPW PAN berlangsung hingga 20 Juli 2012, dalam rangka penjaringan calon Gubsu/Wagubsu melalui survei internal maupun eksternal.

“Survei internal akan dilakukan DPW PAN Sumut dengan melibatkan akademisi yang akan dihujuk partai,” ujar Hendra seraya menyebutkan semua balon Gubsu/Wagubsu yang sudah mendaftar akan mengikuti uji kompetensi sesuai kebutuhan masyarakat Sumut dan platform partai.

Dalam upaya penjaringan calon pasangan Gubsu/Wagubsu 2013, lanjut Hendra Cipta, dari hasil uji kompetensi terhadap semua balon di level Sumut, akan diusulkan 2 pasang calon Gubsu/Wagubsu kepada DPP PAN untuk ditetapkan satu pasang calon Gubsu/Wagubsu yang akan ikut Pilgubsu.

“Acuan tim Pilkada DPW PAN Sumut sudah diatur dalam ketentuan partai dalam penjaringan balon Gubsu/Wagubsu, mulai dari pendaftaran, survei internal hingga uji kompetensi,” ujarnya.

Dalam pencalonan, lanjut Zulkifli Husein yang juga Wakil Ketua DPW PAN Sumut itu, PAN tidak bisa berdiri sendiri, tapi akan membangun koalisi dengan partai lain, karena PAN tidak memiliki kursi yang cukup untuk mengusung pasangan calon Gubsu/Wagubsu.

“PAN hanya punya 7 kursi, sehingga butuh minimal 8 kursi dari partai lain agar bisa mencalonkan untuk Pilgubsu nanti. Kita siap membangun koalisi dengan partai lain, meski banyak kader PAN yang ikut berkompetisi dengan balon lain yang bukan kader PAN untuk menjadi calon Gubsu 2013, tapi PAN tetap memperlakukan sama sesuai yang diinginkan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai partai politik mewakili masyarakat, tambah Zulkifli yang juga anggota DPRD Sumut itu, PAN harus memahami keinginan masyarakat, figur pemimpin yang pas untuk Sumut.

Untuk itu, tambah Hendra Cipta, dalam proses penjaringan, tim Pilkada DPW PAN Sumut akan mengomunikasikan figur calon Gubsu/Wagubsu yang mendaftar menggunakan ‘kapal’ PAN, termasuk membangun komunikasi dan koalisi dengan partai lain akan dilakukan seluruh fungsionaris DPW PAN Sumut.

“Dengan keterbatasan kursi dimiliki PAN, kita tidak ingin pengalaman pahit pada Pilgubsu 2008 terulang lagi, dimana calon pasangan Gubsu/Wagubsu yang diusung dari partai lain yang kursinya lebih sedikit dari PAN,” tambah Hendra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...