Rabu, 20 November 2013

Bupati Soekirman Ajak Masyarakat Cintai Budaya Bangsa

Sebagai wujud syukur atas kemajuan pembangunan yang telah ada sekaligus untuk lebih mencintai budaya daerah, ratusan masyarakat menggelar acara temu kangen bedah budaya wayang kulit yang dirangkaikan dengan tepung tawar benih padi bertempat di Dusun Suka Makmur Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu, Rabu sore (30/10).
            Acara yang menyuguhkan kesenian budaya wayang kulit semalam suntuk, turut dihadiri Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Al-Ustadz Sutrimo Handoyo, KCD, Kepala Sekolah, pengurus paguyuban Suko Budoyo,pengamat budaya Syarianto dan H. Hendra Cipta SE, kelompok tani Sri Mulya dan Sri Rahayu, ibu-ibu perwiritan, tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat yang disambut meriah dengan kesenian “kuda kepang” daerah setempat.
            Bupati Sergai Ir. H. Soekirman memberikan sambutannya sekaligus berkesempatan mendalang wayang kulit mengucapkan terimakasih kepada panitia sekaligus paguyuban suko budoyo yang telah menggagas acara ini. Sebagai masyarakat yang mencintai budaya yang bukan saja budaya Jawa tetapi juga Batak, Sunda, Banjar sudah sepantasnya kita lestarikan agar kedepannya lebih maju dan dikenal banyak orang, bukan hanya secara nasional akan tetapi terkenal hingga skala Internasional, ungkap Soekirman.
Dilanjutkan Bupati Soekirman, bahwa dalam mencintai suatu budaya terlebih dahulu harus diawali dengan mencintai pembangunan yang telah ada. Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai terus berupaya memajukan pembangunan daerahnya.
Ditekankan oleh Bupati Soekirman bahwa apabila budaya kita maju, maka cara berfikir masyarakat akan maju pula sehingga akan berpengaruh terhadap kemajuan pembangunan yang ada. Begitu juga sebaliknya apabila masyarakatnya tidak berbudaya maka lambat laun negara dan bangsanya akan mengalami kehancuran, jelas Bupati Soekirman.
            Oleh sebab itu Soekirman menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mencintai budayanya bukan hanya sekedar seremoni belaka, akan tetapi dapat meresapinya dan menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Manusia yang cinta akan budaya maka ia akan terhindar dari perbuatan yang tercela termasuk budaya korupsi, kata Soekirman.
Sebelumnya Camat Teluk Mengkudu Drs. Zulfikar mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat karena telah menggagas acara ini, untuk kedepannya acara yang bersifat budaya terus ditingkatkan lagi sehingga akan menjadi agenda rutin di setiap daerah dengan tujuan untuk melestarikannya agar tidak pudar tergerus kemajuan zaman.   
Dalam kesempatan yang sama I Ketut Yada selaku ketua panitia penyelenggara mengucapkan terimakasih kepada seluruh komponen baik masyarakat maupun dari pemerintahan atas terselenggaranya acara pelestarian budaya  sekaligus tepung tawar benih padi seperti ini. Semoga apa yang kita kerjakan pada hari ini hasilnya akan sesuai dengan harapan yang kita kehendaki. (aris)  

SUMBER : http://generasinews.com/2013/11/bupati-soekirman-ajak-masyarakat-cintai-budaya-bangsa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...