Rabu, 20 November 2013

Indonesia Kehilangan Rp.1 Trilyun Akibat Illegal Fishing

Pantai Cermin, (Analisa). Partai Amanat Nasional (PAN) berupaya akan tetap konsisten dan berkomitmen serta peduli memperjuangkan nasib kaum nelayan khususnya nelayan Kabupaten Serdang Bedagai.
Hal tersebut disampaikan  Ketua DPP PAN, H.Mulfachri Harahap SH  yang juga Caleg DPR-RI didampingi Anggota DPRD Sumut asal PAN, H. Zulkifli Husein yang juga Caleg DPRD Sumut, Ketua Litbang DPW PAN Sumut, H.Hendra Cipta SE yang juga Caleg DPRD Sumut, Wakil Ketua DPRD Sergai, Drs.H.Sayutinur MPd (Ketua MPPD PAN Sergai), Wakil Sekretaris DPD PAN Sergai, Yudi SH, di hadapan 9 kelompok nelayan Pantai Cermin di objek wisata bahari Pantai kuala Putri, Desa Kuala Lama Kec.Pantai Cermin, Sabtu (16/11) sore
Ditambahkan Mulfachri, dengan segenap kemampuan yang ada PAN akan terus mendorong pemerintah baik itu di pusat, provinsi maupun kabupaten untuk mengalokasikan anggarannya lebih besar setiap tahunnya untuk nelayan dalam upaya meningkatkan taraf hidup kaum nelayan.  
Seharusnya imbuh Mulfachri, dengan negara yang memiliki wilayah laut terpanjang di dunia, nelayan Indonesia seharusnya sudah sejahtera minimal lebih baik dari sekarang, namun karena dengan segala keterbatasan menurut sumber faktanya setiap harinya Indonesia kehilangan Rp1 triliun dari hasil lautnya akibat maraknya illegal fishing yang dilakukan oleh nelayan asing dengan peralatan tangkap yang cukup modern, paparnya.
“Hal itu terjadi akibat keterbatasan dan ketidak berdayaan kita semua untuk mengelola dan mengawasi laut kita, marilah kita mulai dari kita khususnya nelayan Pantai Cermin berupaya mengelola dan menjaga kelestarian laut Kab.Sergai,” harap Mulfachri.
Sementara itu sebelumnya Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mandiri Desa Ara Payung, Ilan, Ketua KUB Anugrah Desa Kuala Lama, Syafri, Ketua KUB Jenahar, Desa Lubuk Saban, Ramlan, Ketua KUB Barokah Desa Kuala Lama, Syamsuddin,
Selanjutnya Ketua KUB Setia Desa Pantai Cermin Kiri, Amir, Ketua KUB Putra Nelayan Desa Ara Payung, Khairul, Ketua Ketua KUB Sehati Desa Ara Payung, Sartono, Ketua KUB Sepakat Desa Pantai Cermin Kanan, Buyung serta KUB Mandiri Sejahtera Desa Besar II Terjun, Supriadi, mereka sangat mengharapkan berbagai bantuan dari Pemkab Sergai, maupun Pemprovsu dan Pusat.
Meskipun beberapa kelompok telah mendapat bantuan sampan dari Diskanla Sumut, namun masih banyak kelompok nelayan yang belum pernah mendapat bantuan dari Pemerintah, mereka berkomitmen akan mendukung program PAN, tetapi sebaliknya mereka sangat berharap kepada PAN untuk memperjuangkan usulan para kelompok nelayan agar teralisasi. (chair)
Berita dimuat pada 18 Nov 2013 (ANALISA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...